"Selamat Datang di Weblog .::KPI Fans club::. | Mari bersama Dukung Bontang Fc …!!! Kalau bukan kita siapa lagi...| Dan Terima Kasih Atas atas kunjungan anda

Selasa, 25 Mei 2010

Penentuan di Kalimantan 4 Tim Hindari Degradasi

SURABAYA. Pekan ini menjadi masa paling menentukan bagi tim-tim yang terseok di Indonesia Super League musim 2009-2010. Empat tim yang saat ini bersaing ketat lepas dari jeratan degradasi harus berjuang pada dua laga terakhir yang sangat menentukan.

Mereka adalah dua tim Jatim Persebaya dan persik yang akan melawat ke kandang dua tim asal Kalimantan, Persisam dan Bontang FC. Persebaya menghadapi Persisam (26/5) dan Bontang FC (30/5), sedangkan Persik dijamu Bontang FC (26/5) serta Persisam (30/5).
Saat ini, Persisam dengan 40 poin di peringkat 13 memang lebih baik ketimbang Persebaya di peringkat 14 dengan poin 39. Tapi kebutuhan Elang Borneo menambah poin lebih tinggi dari Persebaya. Ronald Fagundes dkk diharuskan memaksimalkan enam poin dari dua laga kandang karena mereka masih dihantui pengurangan tiga poin.

Jika mereka sukses memenangkan pertandingan melawan Persebaya dan Persik, poin maksimal Persisam hanya 43 setelah dikurangi tiga poin. Karena itu, laga antara Persisam kontra Persebaya besok dipastikan berjalan alot karena keduanya ngotot berburu poin.

Bagi Persebaya, mencuri poin dari dua away terakhir bisa membuat mereka di atas angin. Jika bisa menahan imbang atau bahkan menang dari dua laganya, bukan hanya tambahan poin yang bermanfaat bagi Persebaya. Mereka juga akan bersyukur dengan berkurangnya daya saing Persisam atau Bontang FC dalam persaingan lepas dari degradasi. "Karena itu kami harus all out mencari poin di sana. Entah dari satu kemenangan atau dari dua seri," kata asisten pelatih Persebaya Ibnu Grahan kemarin (24/5).

Namun Persebaya harus dihadapkan pada absennya sejumlah pilar seperti Jeon Byung-Euk karena cedera. Di sisi lain, tujuh dari 20 pemain yang dibawa kemarin telah mengantongi kartu kuning. Mereka adalah, Taufiq, Sunaji, Patricio Morales, Satrio Syam, Andi Oddang, Wijay, serta Syaifudin, Endra Prasetya.
Beban lebih berat justru dirasakan Persik di dua laga away mereka. Saat ini, Saktiawan Sinaga dkk baru mengoleksi 35 poin dan tercecer di peringkat 16. Sementara calon lawannya, Bontang FC satu setrip di atasnya (15) dengan 38 poin.

Jika Macan Putih menang di dua laga terakhir, mereka akan membuka peluang berlaga di babak playoff. Itupun, dengan catatan Persisam jadi dikurangi tiga poin atau kalah ketika menjamu Persebaya. Tapi jika kalah di laga melawan Bontang besok, hampir pasti Persik akan terdegradasi.
Karena itulah, Agus telah menyiapkan strategi khusus menghadapi Bontang FC besok. Salah satunya dengan menyiapkan strategi menyerang. Persik sendiri kemarin bertolak ke Bontang dengan kekuatan 18 pemain.  "Kami memang harus menang di Bontang," kata dia.

Tapi tak mudah meraih tiga poin di kandang Bontang FC. Sebab, tim asuhan Fachri Husaini itu butuh kemenangan untuk mengamankan posisi mereka. Beban Persik mengalahkan Bontang FC akan semakin berat karena di laga besok mereka tak bisa menurunkan sejumlah pilar. Salah satunya adalah bek OK John yang terkena akumulasi kartu. (uan/jie/jpnn/smdpost)